Gardu Pandang Waduk Serbaguna Jatibarang, Area Lepas Memandang

Satu di antara area menikmati kesejukan alam sekitar di Waduk Serbaguna Jatibarang ialah Gardu Pandang yang berada tepat di seberang Plaza Pertunjukan

Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas
Gardu Pandang satu diantara tempat menarik di Waduk Serbaguna Jatibarang Kota Semarang. 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Berkunjung ke Waduk Serbaguna Jatibarang selain wisata perahu yang jadi unggulan, menikmati pemandangan merupakan kenikmatan bagi wisatawan yang berdatangan.

Satu di antara area menikmati kesejukan alam sekitar berada di Gardu Pandang, yang berada tepat di seberang Plaza Pertunjukan.

Lebih tepatnya, setelah pintu masuk pembelian tiket berada di kiri jalan dekat warung kaki lima.

Bangunan setinggi 12 meter berwarna putih dengan atap berbentuk oval, bersama rongga-rongga pagar pembatas menyeguhkan berbagai macam spot menarik.

Tempat ini menawarkan spot foto, spot pemandangan dengan penampakan genangan luas air Waduk Serbaguna Jatibarang, perahu berlayar, warna warni warung kaki lima, jembatan warna merah Goa Kreo, dan perbukitan hijau bersama deru angin menambah kesejukan tempat tersebut.

Menaiki Gardu Pandang, pengunjung diharuskan melewati anak tangga kurang lebih sepuluh buah dengan empat tingkat untuk sampai ke atas.

Pemandangan Waduk Serbaguna Jatibarang melalui Gardu Pandang.
Pemandangan Waduk Serbaguna Jatibarang melalui Gardu Pandang. (Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas)

"Dari sini pemandangannya indah, dapat melihat perbukitan, luas genangan Waduk Jatibarang, ditambah silir angin," Ucap Reni (22) pengunjung asal Semarang.

Gardu Pandang ini sebenarnya digunakan sebagai tempat pantauan anggota pengelola ketika bertugas mengamati Waduk Serbaguna Jatibarang.

Namun ketika tidak digunakan, pengunjung dapat memanfaatkan sebagai akses wahana menikmati sisi lain Waduk Serbaguna Jatibarang dari ketinggian.

"Gardu Pandang sebenarnya digunakan petugas dalam melakukan pantauan Waduk. Namun ketika tidak digunakan pengunjung dapat memanfaatkannya sebagai wahana menikmati luas waduk Jatibarang dari ketinggian," ungkap Majuri selaku Ketua Kelompok Perahu Suko Makmur.

Menaiki Gardu Pandang pengunjung tidak dikenakan biaya, namun perlu kewaspadaan karena berada di ketinggian.

Gardu pandang satu diantara tempat menarik di Waduk Serbaguna Jatibarang Kota Semarang
Gardu pandang satu diantara tempat menarik di Waduk Serbaguna Jatibarang Kota Semarang (Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas)

(TRIBUNJATENGWIKI.COM/Muhammad Khoiru Anas)

Ikuti kami di
Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved