Museum Ranggawarsita Semarang

Museum Ranggawarsita merupakan tempat penyimpanan berbagai macam koleksi peninggalan nenek moyang terbesar dan terlengkap yang ada di Jawa Tengah.

Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas
Tampak depan Museum Ranggwarsita Jawa Tengah berlokasi di Jalan Abdulrahman Saleh No 1 Kota Semarang 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Museum Ranggawarsita merupakan museum tempat penyimpanan berbagai macam koleksi peninggalan nenek moyang terbesar dan terlengkap yang ada di Jawa Tengah.

Selain sebagai tempat penyimpanan benda-benda bersejarah, meseum ini juga sebagai destinasi wisata bertaraf mendidik yang ada di Semarang.

Sejarah Singkat

Berdirinya Museum Ranggawarsita di mulai sekitar tahun 1970-an oleh proyek Pengembangan Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jendral Kebudayaan.

Gagasan yang dicanangkan ialah setiap provinsi harus memiliki museum.

Tahun 1975-1979 awal dimulai pemilihan lokasi dengan luas 1,8 hektar.

Selang empat tahun, tepatnya tahun 1980-1985 dilakukan perancangan bangunan dengan gaya klasik joglo dan kontruksi post-modernisme.

Bangunan yang dirancang meliputi pendapa, gedung pameran, ruang konservasi, gedung pertemuan, ruang perkantoran, taman dan ruang teater terbuka.

Tahun 1989 tepatnya tanggal 5 Juli hari Rabu Wage, Prof Dr Fuad Hassan selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia meresmikan dengan nama Museum Negeri Provinsi Jawa Tengah Ranggawarsita.

Batu peresmian pembangunan Museum Ranggawarsita yang diresmikan Prof Dr Fuad Hasan pada tanggal 15 Juli 1989
Batu peresmian Museum Ranggawarsita yang ditandangani oleh Prof Dr Fuad Hasan pada tanggal 15 Juli 1989 ((Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas))

Tahun 1990-1995 merupakan masa persiapan berupa periode penataan kelembagaan, pengisian tenaga dan penyebarluasan informasi kepada masyarakat.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved