Festival Dalang dan Gelar Budaya Jadi Agenda Rutin Sobokartti

Guna semakin mengeksiskan beragam kebudayaan Jawa, Festival Dalang dan Gelar Budaya Sobokartti jadi acara tahunan Sobokartti.

Tribunjateng.com
Seorang Dalang cilik memainkan wayang di acara Festival Dalang Sobokartti tahun 2019 

TRIBUNJATENGWIKI.COM - SEMARANG, Guna mengeksiskan kesenian tradisional Jawa, setiap tahun Sobokartti selalu menghidupi dengan beragam pertunjukan.

Satu diantara pertunjukan yang rutin diadakan setiap tahun yakni Festival Dalang dan Gelar Budaya Sobokartti.

"Festival Dalang dan Gelar Budaya Sobokartti jadi agenda tahunan kami. Acara tersebut berguna sebagai ajang mengenalkan beragam kesenian Jawa," ucap Darmadi selakuu Seksi Tari Perkumpulan Seni Budaya Gedung Sobokartti, Kamis (30/1/2020).

Terkait Festival Dalang, waktu pelaksanaan setiap tahun menunggu dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang, selaku penyelenggara utama.

"Biasanya diadakan bulan April, kadang waktu pelaksanaan juga mundur. Kami menunggu jadwal resminya dari pihak pemerintah," tambahnya.

Sementara itu, terkait acara yang pasti selalu ada yakni Gelar Budaya Sobokartti, karena sebagai peringatan ulang tahun Gedung Kesenian Sobokartti  di bulan Oktober.

"Acara tahunan kami yang pasti itu di bulan Oktober, karena bertepatan dengan ulang tahun Sobokartti yakni tanggal 5 Oktober," pungkasnya.

Acara Gelar Budaya Sobokartti biasanya menampilkan pagelaran wayang kulit semalam suntuk, dan pementasan tari-tarian.

Beragam acara tahunan tersebut, selain memperkenalkan kebudayaan Jawa, juga sebagai ajang pementasan dari putra putri Sobokartti yang keseharian berlatih dan belajar di Gedung Kesenian Sobokartti.

(TRIBUNJATENGWIKI.COM/Muhammad Khoiru Anas)

Ikuti kami di
Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved