Belajar Tari di Sobokartti

Untuk menunjang seseorang yang gemar menari, Sobokartti sejak dulu menyediakan wadah sebagai tempat mengasah kegemaran tari tradisional.

Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas
Bersama guru pendamping, anak-anak dengan santai mengikuti gerakan tari gembira yang telah diajarkan, Sabtu (1/2/2020) 

TRIBUNJATENGWIKI. COM, SEMARANG - Bagi anak-anak, menari mungkin jadi pelajaran kesenian paling digemari semenjak duduk di bangku sekolah dasar.

Untuk menunjang kegiatan kesenian di luar sekolah seperti tari, Sobokartti sejak dulu menyediakan wadah sebagai tempat mengasah kegemaran bahkan bakat yang mulai terlihat.

"Kami memiliki beberapa kelas tari, dari kelas anak-anak, kelas remaja dan kelas dewasa," tutur Ida Guru Tari Sobokartti, Sabtu, (1/2/2020).

Pendaftarannya pun tidak muluk-muluk, awalnya setiap murid diberikan kesempatan untuk mencoba terlebih dulu, 3-4 pertemuan setiap Minggu.

Jika dirasa cocok, barulah dapat mengikuti beragam materi tari-tarian selanjutnya dengan registrasi yang telah ditentukan.

"Setiap kelas memiliki materi yang beda-beda. Untuk anak-anak, materi awal berupa gerakan tarian gembira yang dipelajari 2-3 bulan. Jika dirasa sudah menguasai, akan ganti dengan materi lain," tambah perempuan yang sejak kecil belajar tari di Sobokartti ini.

Setiap Minggu murid belajar dua kali pertemuan, dengan hari yang berbeda.

Guna menunjang asah skill yang telah dipelajari semenjak belajar tari di Sobokartti, setiap tahun tepatnya bulan Desember akan diadakan ujian.

"Setiap tahun kami adakan ujian tari di bulan Desember. Ujian tersebut sebagai ajang apresiasi antar murid, untuk menunjukkan kebolehan tari yang telah dipelajari setiap waktunya," pungkasnya.

Terkait hasil ujian, semua murid akan mendapatkan sebuah piagam, namun untuk kategori terbaik murid akan mendapatkan sebuah tropi dan kenang-kenangan.

(TRIBUNJATENGWIKI. COM/Muhammad Khoiru Anas)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved