Jangan Lupa Hormat ketika Berkunjung ke Taman Makam Pahlawan

Masuk ke area makam pahlawan diharuskan melakukan penghormatan sebagai simbol rasa nasionalisme kepada pejuang yang telah gugur membela bangsa negara.

Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas
Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Giri Tunggal Semarang yang berlokasi di Jalan Sriwijaya, Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Datang ke Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Giri Tunggal yang ada di Semarang ada tata cara yang harus ditaati dan dipatuhi.

Satu di antara yang harus dilakukan yakni melakukan simbol penghormatan kepada pahlawan.

Penghormatan tersebut dilakukan di depan gerbang pintu masuk utama yakni, sebelum dan sesudah mengunjungi makam.

"Datang ke TMPN itu ada aturannya, tidak seperti berkunjung ke tempat pemakaman pada umumnya," ujar Tarmin selaku Pengelola bagian koordinator TMPN Giri Tunggal Semarang, Jumat (7/2/2020) pagi.

Simbol penghormatan kepada pahlawan sebagai bentuk rasa terima kasih, atas perjuangan yang telah dilakukan para pejuang bangsa.

"Simbol penghormatan dilakukan sebagai pembeda, mana yang makam pahlawan dan makam umum. Karena itu sudah menjadi aturan di makam-makam pahlawan yang ada di Indonesia," tambahnya.

Untuk melakukan hormat, sebelum memasuki gerbang utama pengunjung dapat menghadap ke arah tugu yang ada di dalam makam.

Kemudian melakukan gerakan menggunakan tangan kanan untuk hormat seperti pada pelaksanaan upacara-upacara.

"Pulang pun demikian, sampai di depan gerbang pengunjung berbalik badan dan melakukan gerakan hormat seperti di awal," imbuhnya kembali.

Melakukan penghormatan kepada pejuang bangsa dan negara sangatlah diperlukan, guna semakin menumbuhkan jiwa perjuangan pada generasi penerus.

"Bagi yang berkunjung ke makam pahlawan, harapannya dapat menyalurkan kembali jiwa semangat perjuangan yang telah ditorehkan pahlawan yang telah gugur membela bangsa Indonesia," pungkasnya.

(TRIBUNJATENGWIKI.COM/Muhammad Khoiru Anas)

Ikuti kami di
Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved