Mengenang 150 Tahun Hadirnya Suster Ordo Santo Fransiskus di Semarang

5 Februari 1870 merupakan waktu bersejarah bagi para Suster Ordo Santo Fransiskus (OSF).

Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas
Puncak acara perayaan 150 tahun hadirnya Ordo Santo Fransiskus (OSF) di Indonesia, terutama Gedangan, Semarang yang menjadi jujukan pertama, Jumat (7/2/2020) pagi. 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Demi selalu manjaga nilai sejarah, Ordo Santo Fransiskus (OSF) merayakan150 tahun hadirnya sebelas Suster atau Biarawati di Semarang.

"Acara ini kami peringati sebagai penghormatan 150 tahun hadirnya sebelas Suster dari Heythuisen Belanda datang pertama kali ke Indonesia, yakni di Semarang," ucap Emerentiana selaku ketua panitia peringatan 150 OSF, Jumat (7/2/2020) pagi.

Suster atau Biarawati dalam Agama Katolik merupakan perempuan yang secara sukarela meninggalkan kehidupan duniawi, demi mengorbankan hidupnya untuk agama.

Dalam rekam jejaknya OSF merupakan para Suster yang diutus dari Belanda untuk membantu Pastor Lijnen yang ada di Semarang.

"Awalnya Suster OSF datang ke Indonesia yakni di Gedangan, Semarang dan pusatnya berada di Belanda," tambah perempuan yang telah menjadi Suster hampir 30 tahun.

Bertempat di Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik Santo Fransiskus Assisi, perayaan 150 tahun hadirnya Suster Ordo Santo Fransiskus (OSF) di Semarang, Jumat (7/2/2020) pagi.
Bertempat di Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik Santo Fransiskus Assisi, perayaan 150 tahun hadirnya Suster Ordo Santo Fransiskus (OSF) di Semarang, Jumat (7/2/2020) pagi. (Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas)

Sebagai bentuk jasa para Suster tersebut, tanggal 5 Februari 2020 di peringati sebagai hari bersejarah, yakni bertepatan 150 tahun kedatangan Suster OSF di Indonesia terutama Semarang, sejak tahun 1870.

Bertempat di Sekolah Tinggi Pastoral Kateketik St Fransiskus Assisi, beragam acara digelar mulai tanggal 4-7 Februari 2020.

Acara-acara tersebut meliputi, upacara Misa, open house, perlombaan cipta lagu, melukis, dan di akhiri jalan sehat di sekitar Jalan Ranggawarsito, Gedangan, Semarang.

"Puncak acara 150 tahun perayaan OSF, kami adakan jalan sehat dan pemberian doorprize. Selain diikuti beberapa Suster, Kami juga mengundang perwakilan-perwakilan dari beberapa instansi-instansi yang ada di Semarang, antara lain perwakilan dokter, perawat, sekuriti," pungkasnya.

(TRIBUNJATENGWIKI.COM/Muhammad Khoiru Anas)

Ikuti kami di
Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved