Tak Hanya Sebagai Tempat Pemakaman, Kini TMPN Giri Tunggal Semarang Juga Jadi Wisata Religi

Selain berziarah, pengunjung dapat berwisata secara religi dengan tujuan supaya memahami nilai kepahlawanan yang telah diukir para pejuang bangsa.

Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas
Tembok abadi berisi ukiran nama-nama pahlawan yang di semayamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Giri Tunggal Semarang, Jumat (7/2/2020) 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Guna semakin mengenalkan jiwa kepahlawanan kepada putra-putri bangsa, Dinas Sosial (Dinsos) Jawa Tengah selaku pengelola Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Giri Tunggal Semarang, membuka ziarah wisata kepahlawanan.

Adanya ziarah wisata kepahlawanan bertujuan supaya generasi penerus bangsa baik muda-mudi, pelajar, mahasiswa, instansi, dan beragam organisasi memahami nilai kepahlawanan yang telah diukir para pejuang bangsa.

Tak hanya itu saja, pengunjung atau peziarah pun dapat mengerti dan belajar tentang tata cara upacara ziarah di TMPN, serta memahami riwayat perjuangan pahlawan.

Berikut tata cara pengajuan ziarah wisata pahlawan di TMPN Giri Tunggal Semarang,

  • Pengunjung terlebih dahulu mengajukan permohonan maksud dan tujuan secara tertulis kepada pengelola TMPN Giri Tunggal, jauh hari sebelum waktu yang akan dijadikan hari kunjungan.
  • Izin permohonan tersebut ditujukan kepada kepala instansi yang mengelola TMPN Giri Tunggal Semarang, yakni Dinsos Provinsi Jawa Tengah, yang beralamat di Jalan Pahlawan, Nomor 12, Pleburan, Semarang.
  • Satu hari sebelum pelaksanaan, terlebih dulu pengunjung menghubugi pihak pengelola kembali supaya dapat dipersiapkan segala kelengkapan ziarah wisata pahlawan.

Selain berziarah, kegiatan wisata yang dapat dirasakan pengunjung seperti berswafoto di sebuah plaza upacara beserta monumen, melihat tembok abadi bersama nama-nama pahlawan yang terukir di dalamnya, dan menonton film kepahlawanan di ruang studio kepahlawanan.

(TRIBUNJATENGWIKI.COM/Muhammad Khoiru Anas)

Ikuti kami di
Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved