Tak Sembarangan, Berikut Kriteria Orang yang Bisa Dimakamkan di Taman Makam Pahlawan

Tak semuanya seorang yang telah meninggal menempati makam pahlawan, berikut beberapa kriterianya.

Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas
Beberapa makam pahlawan yang ada di Taman Makam Pahlawan Nasional Giri Tunggal Semarang, yang berada di Jalan Sriwijaya, Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jumat (7/2/2020) 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada pahlawan yang gugur, memberikan tempat persemayaman terakhir yang layak merupakan wujud pemerintah menghargai serta menghormati jasa-jasa pahlawannya.

Tempat persemayaman tersebut bernama Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN).

Hampir di semua daerah yang ada di Indonesia memiliki TMPN.

Satu di antara TMPN yang ada di Kota Semarang yakni TMPN Giri Tunggal, berlokasi di Jalan Sriwijaya, Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

Tak semuanya seorang yang telah meninggal dapat menempati TMPN, ada beberapa kriteria yang dikhususkan.

Menurut Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Tengah selaku pengelola TMPN Giri Tunggal Semarang, beberapa kriteria dan syarat seorang pahlawan dapat menempati TMPN terutama Giri Tunggal Semarang, yakni:

  • Pahlawan nasional
  • Memilik tanda jasa, seperti medali kepoloporan, kejayaan, dan perdamaian yang didapatkan ketika seorang pahlawan tersebut berjuang dan mengabdikan dirinya untuk tanah air tercinta.
  • Memilik tanda kehormatan, seperti simbol yang diberikan pemerintah atas perjuangannya seperti bintang, satyalancana, dan samkaryanugraha.

(TRIBUNJATENGWIKI.COM/Muhammad Khoiru Anas)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved