Taman Makam Pahlawan Nasional Giri Tunggal Semarang

Taman Makam Pahlawan Nasional Giri Tunggal Semarang sebagai tempat persemayaman para pahlawan bangsa yang gugur dalam medan pertempuran.

Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas
Taman Makam Pahlawan Nasional Giri Tunggal Semarang yang berlokasi di Jalan Sriwijaya, Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jumat (7/2/2020) 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Sebagai pejuang bangsa yang telah gugur mengabdikan diri untuk Indonesia, memberikan penghormatan merupakan suatu keharusan tuk dilakukan.

Satu di antara tempat persemayaman terakhir pejuang nasional Indonesia yang ada di Semarang yakni Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Giri Tunggal, yang ada di Jalan Sriwijaya, Pleburan, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

TMPN Giri Tunggal selain tempat persemayaman para pejuang bangsa yeng telah gugur, kini juga dibuka sebagai wisata religi perjuangan.

Sejarah Singkat

Hadirnya TMPN Giri Tunggal tak lepas dari perjuangan para pahlawan, berperang mengusir penjajah yang sejak dulu merebut kekuasaan tanah kelahiran.

Atas jasa-jasa yang telah ditorehkan dibangunlah sebuah TMPN Giri Tunggal sebagai bentuk penghargaan, serta penghormatan yang tak ternilai harganya.

Menurut Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Tengah selaku pengelola, TMPN Giri Tunggal dibangun sekitar tanggal 9 Mei 1950 dengan luas mencapai 3, 64 hektar.

Makam Uskup Agung Mgr Sugijopranoto sebagai satu diantara pahlawan bangsa Indonesia, yang disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Giri Tunggal Semarang, Jumat (7/2/2020)
Makam Uskup Agung Mgr Sugijopranoto sebagai satu diantara pahlawan bangsa Indonesia, yang disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Nasional Giri Tunggal Semarang, Jumat (7/2/2020) (Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas)

Kurang lebih lima tahun, tanggal 10 November 1955 TMPN Giri Tunggal diresmikan oleh Presiden Soekarno.

Guna semakin memperindah area pemakaman, TMPN Giri Tunggal pernah dilakukan pemugaran sekitar tahun 2010-2011.

Lokasi

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved