Undang Pelajar SMA dan SMK, Museum Ranggawarsita Ajarkan Cara Merawat Koleksi Museum

Museum Ranggawarsita ajak beberapa Siswa Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Semarang, belajar melakukan perawatan koleksi.

Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas
Tampak antusias siswa-siswi dari beberapa Sekolah Menengah Atas (SMA) di Semarang, yang berkesempatan mengikuti kegiatan Belajar Bersama Museum bertemakan Koleksi Museum dan Konservasi, Rabu (12/2/2020) pagi. 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Tak hanya mengenalkan benda bersejarah, Museum Ranggawarsita mengajak sejumlah pelajar menengah atas yang ada di Kota Semarang terlibat langsung dalam pengkonservasian koleksi, Rabu (12/2/2020), pagi.

Menurut Kepala Museum Ranggawarsita, kegiatan 'Belajar Bersama Museum' dengan tema 'Koleksi Museum dan Konservasi,' sebagai media pembelajaran bagi siswa-siswi untuk mengenal lebih dalam tentang benda-benda koleksi yang ada di museum dan cara merawatnya.

"Kurang lebih sekitar 100 peserta dari 10 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang ada di Semarang Kami undang, untuk belajar langsung cara melakukan pengkonservasian koleksi yang ada di museum," terang Asih Widhiastuti selaku Kepala Museum Ranggawarsita Jawa Tengah.

Sebelum acara pengkonservasian, sejumlah pelajar dari berbagai sekolah diacak, serta dikelompokkan menjadi sepuluh kelompok, dengan masing-masing kelompok memiliki 10 anggota.

Setelah kelompok terbentuk, terlebih dahulu pelajar diajak mengelilingi museum, sambil di temani para guide Museum Ranggawarsita.

Kurang lebih hampir setengah jam mengelilingi museum, para pelajar dibawa ke sebuah taman belakang untuk melakukan kegiatan konservasi koleksi.

"Sebelumnya kami ajak pelajar berkeliling museum terlebih dahulu, supaya mengerti beberapa benda koleksi yang ada di museum. Setelahnya kami ajak cara melakukan pembersihan koleksi di area taman belakang," ucap Ria selaku panitia Belajar Bersama Museum Ranggawarsita.

Sebelum acara pengkonservasian koleksi museum, para peserta yang terdiri dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) di Semarang, tampak antusias mengikuti jalannya kegiatan, Rabu (12/2/2020), pagi.
Sebelum acara pengkonservasian koleksi museum, para peserta yang terdiri dari berbagai Sekolah Menengah Atas (SMA) dan dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Semarang, tampak antusias mengikuti jalannya kegiatan, Rabu (12/2/2020), pagi. (Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas)

Meskipun dari berbagai sekolah, sejumlah siswa-siswi nampak antusias mendengarkan serta mempraktikkan cara melakukan perawatan koleksi museum, dengan arahan langsung dari pihak pengelola.

Koleksi benda museum yang dilakukan pengkonservasian yakni sebuah batu dan beberapa arca yang ada di halaman belakang museum.

Proses konservasi koleksi dengan media batu dan arca dilakukan dengan cara, mendata, mengukur, melakukan penggosokan menggunakan sikat, memberikan zat kimia khusus perawatan, tak lupa melakukan pengamatan apakah ditemukan kerusakan, serta membilas kembali menggunakan air.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved