Makam Sunan Kuning

Warga Kalibanteng Kulon Antusias Hidupkan Citra Sunan Kuning Jadi Wisata Religi

Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang untuk mempercantik area Makam Sunan Kuning ternyata di sambut antusias oleh Warga Kalibanteng Kulon.

Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas
Soen An Ing atau kerab disebut Sunan Kuning, seorang tokoh penyebar agama Islam yang di makamkan di Jalan Lebdosari Raya, Kalibanteng Kulon, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang, Selasa (18/2/2020) sore. 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang untuk mempercantik area Makam Sunan Kuning ternyata disambut antusias oleh Warga Kalibanteng Kulon.

Seperti yang diungkapkan Mashadi warga RT 06/RW 02, Kalibanteng Kulon, yang menurutnya jika warga sangat setuju dengan rencana Pemkot Semarang melakukan perawatan, di area makam Sun An Ing atau akrab disebut Sunan Kuning.

"Warga sangat antusias, bahkan pengunjung yang ziarah pun demikian. Karena Sunan Kuning merupakan tokoh besar," tuturnya, Selasa (18/2/2020) sore.

Sunan Kuning merupakan tokoh penyebar agama Islam yang dimakamkan di Bukit Pekayangan, Jalan Lebdosari Raya, Kelurahan Kalibanteng Kulon, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang.

Gapura yang berada di sekitar area makam Soen An Ing atau kerab disebut Sunan Kuning, Selasa (18/2/2020) sore.
Gapura yang berada di sekitar area makam Soen An Ing atau kerab disebut Sunan Kuning, Selasa (18/2/2020) sore. (Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas)

Jika nantinya jadi dilakukan perawatan secara intensif, Makam Sunan Kuning memang menarik dan menyuguhkan pemandangan indah karena berlokasi di perbukitan.

"Nantinya jalan utama kalau boleh dijadikan satu, yakni di tengah. Karena dapat menuju langsung ke area makam. Namun semuanya tergantung Pak Walikota," harapan Mashadi, pria yang termasuk dalam anggota Paguyuban Makam Sunan Kuning.

Setelah penutupan lokalisasi Argorejo bulan Oktober 2019 silam, Wali Kota Semarang Hendar Prihadi pernah mengatakan kawasan Sunan Kuning akan menjadi kampung wisata religi, karena terdapat makam tokoh penyebar Agama Islam, yakni Sun An Ing.

"Nanti tahun 2020 sampai 2021 Kita fokuskan pada optimalisasi Kampung Religi Sunan Kuning, karena di atas itu kan ada makam salah satu tokoh penyebar agama Islam Sun An Ing," kata Hendi mengutip dari Kompas.com (18/10/2019).

Tak hanya wisata religi Sunan Kuning, di area tersebut juga digagaskan sebuah kampung tematik religi untuk menambah kegiatan pariwisata di area Sunan Kuning.

"Nanti Kita akan percantik dengan kehadiran kampung tematik religi untuk mensupport pariwisata," pungkas Hendi.

(TRIBUNJATENGWIKI.COM/Muhammad Khoiru Anas)

Ikuti kami di
Penulis: Anasmk
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved