Place

Galeri Industri Kreatif Semarang

Galeri Industri Kreatif Semarang (GIKS), satu di antara tempat unik, menarik dan antik dengan beragam koleksi yang ada di Kota Lama Semarang.

Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas
Galeri Industri Kreatif Semarang menyediakan beragam benda dan perlengkapan seperti aneka barang antik, fashion, furniture dan aneka jajan tradisional maupun kekinian, berlokasi di Jalan Garuda No 1, Tanjung Mas, Kecamatan Semarang Utara, Kota Semarang, atau tepat di belakang sebelah kanan Gereja Blenduk, Sabtu (22/2/2020) siang. 

TRIBUNJATENGWIKI. COM, SEMARANG - Kota Lama Semarang tak pernah kehabisan tempat unik, menarik tuk dipijaki.

Satu di antara tempat unik, menarik, serta menyuguhkan benda-benda antik yakni Galeri Industri Kreatif Semarang (GIKS).

Sejarah singkat

Hadirnya GIKS tak lepas dari Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang yang giat menggarap revitaliasi Kota Lama.

Ditambah sebuah gagasan Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu yang berkeinginan memfasilitasi Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Semarang.

Sebuah gudang milik PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) yang tak lagi digunakan, dipilih sebagai lokasi tempat para pelaku UKM beroperasi. 

Proses revitaliasi mulai dikerjakan setelah nota kesepahaman yang ditandatangani tahun 2017, antara Kementrian Perindustrian (Kemenperin) dengan PT PPI, dan Pemkot Semarang terkait pengembangan Industri Kreatif Menengah (IKM) yang ada di Semarang.

GIKS dibangun seluas 2 ribu meter persegi dan menelan biaya hampir Rp 1,6 miliar atas bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) Bank Jateng. 

Tahun 2019 tepatnya hari Minggu 26 Mei, GIKS resmi dibuka.

Peresmian dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu, dan beberapa tokoh atau masyarakat yang turut menyaksikannya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Anasmk
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved