Place

Makam Ki Ageng Pandanaran, Pendiri Semarang

Ki Ageng Pandanaran sebagai tokoh pendiri Kota Semarang. Makamnya berada di Jalan Mugas Dalam II, Nomor 04, RT 07/RW 03, Mugassari.

Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas
Pendopo makam Ki Ageng Pandanaran yang berlokasi di Jalan Mugas Dalam II, Nomor 04, RT 07/RW 03, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Selasa (25/2/2020) siang. 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Berkunjung ke Ibukota Jawa Tengah, tak lengkap jika tak mengenal tokoh pendiri kota kota Atlas ini.

Ki Ageng Pandanaran, itulah tokoh yang berperan besar dari hadirnya Semarang.

Beliau merupakan tokoh penyebar agama Islam, sekaligus menjadi bupati pertama di Semarang, yang makamnya ada di Jalan Mugas Dalam II, Nomor 04, RT 07/RW 03, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang.

Sejarah singkat

Berdirinya Semarang tak lepas dari babat alas yang dilakukan Ki Ageng Pandanaran berlokasi di Pulang Tirang atau Tirang Ngampar yang kini menjadi Mugas sekira abad ke-16.

Menurut satu di antara juru kunci makam Ki Ageng Pandanaran Suwarno menceritakan, terkait tanggal, bulan, tahun kelahiran, bahkan wafat Ki Ageng Pandanaran tak ada perkiraan pasti serta catatan sejarah yang ditemukan.

"Tanggal, hari, bulan, tahun Kami tak bisa menemukan kapan beliau (Ki Ageng Pandanaran) lahir dan wafatnya. Namun dalam sejarah yang Kami himpun perkiraannya beliau wafat sekira tahun 1547," paparnya, Selasa (25/2/2020) siang.

Mengutip sejarah yang dihimpun dari Yayasan Sosial Sunan Pandanaran Semarang, selaku pengelola makam Ki Ageng Pandanaran.

Ki Ageng Pandanaran merupakan cucu dari Pangeran Suryo Panembahan Sabrang Lor (Sultan kedua Kesultanan Demak), putra dari Maulana Ibnu Abdul Salam atau Pangeran Madiyo Pandan.

Awal perjuangan beliau sebagai penyiar agama Islam ketika diutus Sunan Kalijaga dakwah di area Semarang, yang dulunya masih berupa alas, serta karang pinggir pantai.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved