Makam Ki Ageng Pandanaran

Makam Ki Ageng Pandanaran Ramai Peziarah, Termasuk Wali Kota Semarang Beserta Jajaran

Makam Ki Ageng Pandanaran yang setiap harinya mulai banyak peziarah yang berdatangan, tak terkecuali Wali Kota Semarang berserta jajarannya.

Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Tribunjateng.com
Walikota Semarang Hendrar Prihadi bersama jajarannya, ketika berziarah ke Makam Sunan Pandanaran tahun lalu sebelum peringatan HUT Semarang, Kamis (4/4/2019) 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Bangsa yang besar ialah bangsa yang menghormati jasa pahlawannnya.

Petikan pidato Soekarno tahun 1961 yang fenomal, ternyata merasuki para pemimpin instansi baik negeri, swasta, bahkan perseorangan tuk datang dan terpanggil, ziarah ke makam suatu tokoh yang telah wafat.

"Sini sering kedatangan peziarah, bahkan para pejabat-pejabat juga sering datang," ucap Suwarno penjaga Makam Ki Ageng Pandanaran sambil menunjukkan foto dokumentasi kegiatan di makam Ki Ageng Pandanaran, Selasa (25/2/2020).

Hampir setiap hari ada peziarah, namun ramai peziarah ketika malam Jumat.

Tak hanya malam Jumat, haul, serta perayaan hari jadi Kota Semarang turut sesak peziarah berduyun serta berdatangan silih berganti.

"Menjelang hari jadi Kota Semarang, banyak yang datang termasuk Pak Wali Kota beserta jajarannya," ceritanya kembali.

Hari jadi Semarang yang diperingati setiap 2 Mei ternyata di ambil dari dikukuhkannya Ki Ageng Pandanaran II, atau Sunan Tembayat ketika menjabat sebagai Bupati Semarang.

"Perayaan hari jadi Kota Semarang, di area sini (Makam Ki Ageng Pandanaran) juga sering diadakan pengajian, untuk mendoakan Ki Ageng Pandanaran dan Kota Semarang," pungkasnya.

(TRIBUNJ AgATENGWIKI.COM/Muhammad Khoiru Anas)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved