Tokoh Islam

Makam Kiai Sholeh Darat

Satu di antara makam tokoh ulama besar di Semarang kerap dikunjungi umat muslim ialah Makam Kiai Sholeh Darat.

Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas
Petilasan Kiai Sholeh Darat yang berada di TPU Bergota Krakal, Jalan Bendungan, Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Kamis (27/2/2020) 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Satu di antara makam tokoh ulama besar di Semarang, kerap dikunjungi umat muslim ialah Makam Kiai Sholeh Darat.

Hampir setiap hari para peziarah berduyun-duyun datang dan merapalkan doa untuk Mbah Sholeh Darat nama akrabnya.

Sejarah Singkat

Mbah Sholeh Darat memiliki nama lengkap Muhammad Sholeh bin Umar al Samarani.

Ia dilahirkan di Desa Kedung Jumbleng, Kecamatan Mayong, Kabupaten Jepara sekira tahun 1820 Masehi, dan meninggal dunia di Semarang tahun 1903 Masehi.

Syekh Muhammad Nawani al-Jawi al-Bantani dan Kiai Kholil bin Abdul Latief atau Mbah Kholil dari Bangkalan, Madura merupakan satu di antara tokoh besar seperjuangannya.

Mbah Sholeh dikenal sebagai maha guru bagi ulama-ulama besar dan tokoh pergerakan kemerdekaan seperti KH Hasyim Asyari pendiri Nahdlatul Ulama (NU), KH Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah, dan pejuang emansipasi wanita Raden Ajeng Kartini.

Gapura masuk area TPU Bergota Krakal, yang berada di Jalan Bendungan, Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kamis (27/2/2020)
Gapura masuk area TPU Bergota Krakal, yang berada di Jalan Bendungan, Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kamis (27/2/2020) (Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas)

Perjuangan beliau dalam mengajarkan agama Islam sangatlah besar, seperti kemampuannya mengalih bahasakan Jawa menjadi Arab atau lebih dikenal Arab Pegon.

Setelah beliau wafat, makamnya terus menerus di datangi para peziarah dan hal tersebut memantik Belanda yang menganggap ajaran Mbah Sholeh Darat masih berpengaruh.

Belanda yang tak suka dan khawatir dengan ajaran yang diberikan Mbah Sholeh Darat, memindahkan makamnya yang dulu berada di Dadapsari, Semarang Utara ke daerah Bergota.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved