Wabah Corona

Museum Ranggawarsita Lakukan Disinfektan Cegah Covid-19

Antisipasi merebaknya Covid-19 para pegawai museum Ranggawarsita bersama-sama melakukan penyemprotan disinfektan ke area museum.

Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Museum Jawa Tengah Ranggawarsita
Para pegawai Museum Jawa Tengah Ranggawarsita bersama-sama melakukan penyemprotan disinfektan, mencegah penyebaran Covid-19, Selasa (17/03/2020) pagi. 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Antisipasi merebaknya Corona Virus Disease (Covid-19) turut ditanggapi Museum Jawa Tengah Ranggawarsita.

Hal itu terlihat ketika para pegawai museum bersama-sama melakukan penyemprotan disinfektan, Selasa (17/03/2020) pagi.

"Kami mulai dari pintu depan, bagian tiket, terutama area yang sering dijamah oleh pengunjung," tutur Laela Nur Hayati Dewi, Kepala Seksi Pelestarian Museum Jawa Tengah Ranggawarsita.

Dimulai sekira pukul 08.00 WIB, penyemprotan dilakukan menyeluruh dari lantai satu hingga ke lantai dua.

Terkait cairan yang digunakan dalam proses penyemprotan, pihak museum memiliki cairan khusus dan dirasa telah efektif menangkal Covid-19.

"Kami fokuskan pembersihan hari ini pada area yang sering dijamah, atau disentuh pengunjung, seperti kaca, dan kayu," imbuhnya.

Dengan dibantu siswa yang sedang melakukan PKL, para pegawai Museum Jawa Tengah Ranggawarsita melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh area museum, guna mencegah penyebaran Covid-19, Selasa (17/3/2020) pagi.
Dengan dibantu siswa yang sedang melakukan PKL, para pegawai Museum Jawa Tengah Ranggawarsita melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh area museum, guna mencegah penyebaran Covid-19, Selasa (17/03/2020) pagi. (Museum Jawa Tengah Ranggawarsita)

Sebagai satu di antara tempat publik area yang sering dikunjungi masyarakat, menjaga serta mengantisipasi menjadi keharusan tersendiri dari pihak museum.

Kurang lebih satu setengah jam, pembersihan selesai dilakukan.

Terkait kapan pastinya pengunjung dapat menikmati museum, pihak pengelola belum dapat menentukan, karena Museum Jawa Tengah Ranggawarsita sementara dilakukan penutupan dari tanggal 18-29 Maret 2020 sesuai perintah dari pihak Pemerintah Jawa Tengah .

"Perintah semuanya Kami ikuti, dari pihak gubernur, walikota, Dirjen.

Karena museum banyak mengumpulkan banyak orang," pungkasnya.

Sebagai antisipasi lebih, kedepannya area museum akan disediakan hand sanitizer dan thermogan.

(TRIBUNJATENGWIKI.COM/Muhammad Khoiru Anas)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved