Wabah Corona

Akibat Corona, Upacara Melasti Umat Hindu di Semarang Dibatasi

Tak seperti tahun biasanya, wabah Covid-19 turut serta berdampak pada Upacara Melasti Umat Hindu di Semarang, yang rencana hanya diikuti sebagian umat

Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas
Bertempat di Pura Agung Giri Natha, umat Hindu yang ada di Semarang biasanya melaksanakan sembahyang. 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Tak seperti tahun biasanya, wabah Covid-19 turut serta berdampak pada Upacara Melasti Umat Hindu di Semarang.

Tradisi tahunan sambut Hari Raya Nyepi tersebut, yang setiap tahun dihadiri ribuan umat Hindu menurut rencana hanya diikuti sekira 10 orang.

Hal itu dibenarkan Nengah Wirta Dharmayana selaku Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Semarang.

"Kami sampaikan tidak dihadiri banyak umat Hindu untuk Upacara Melasti, karena mendukung kebijakan pemerintah dalam menanggulangi masif penyebaran Covid-19," terangnya saat dihubungi Tribunjatengwiki.com, Jumat (20/3/2020) pagi.

Dari 10 umat yang datang melaksanakan Upacara Melasti, rencananya hanya dihadiri para pemuka adat, dan pengurus pura.

Nengah menambahkan, jika nanti umat Hindu yang melaksanakan Melasti, sebelum proses upacara akan diberikan beberapa arahan guna menjaga diri terkait penyebaran Covid-19.

"Sebelum perayaan dimulai, nanti ada beberapa arahan yang nantinya dapat berguna dalam menjaga diri dari masif penyebaran Covid-19," imbuhnya kembali.

Menurut rencana, Upacara Melasti Umat Hindu di Semarang akan dilangsungkan di area Pantai Marina, hari Minggu, (22/3) sekira pukul 07.00 WIB.

Tak hanya pembatasan umat yang mengikuti perayaan, sesaji yang digunakan dalam upacara tahunan tersebut pun, akan sedikit disesuaikan.

"Nantinya ada sedikit pengurangan sesaji, hanya beberapa inti yang Kami bawa. Dan itu sesuatu yang pokok dan harus ada dalam perayaan Melasti," pungkasnya.

Upacara Melasti merupakan tradisi wajib penyucian diri, yang dilaksanakan umat Hindu beberapa hari sebelum perayaan Nyepi, dan biasanya dilangsungkan di tepi pantai.

Setelah upacara Melasti, Umat Hindu Kota Semarang rencana akan melaksanakan Tawur Agung Kesanga yang dilakukan dua hari setelah Melasti, yakni Selasa, (24/3/2020) pukul 16.00 di area Pura Agung Giri Natha Semarang.

(TRIBUNJATENGWIKI.COM/Muhammad Khoiru Anas)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved