Wabah Corona

Cegah Covid-19, Berikut 6 Langkah Cuci Tangan Secara Efektif

Satu di antara langkah pencegahan Covid-19 ramai diedukasikan pemerintah, yakni seringnya melakukan cuci tangan setelah, sebelum beraktivitas.

Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Ilustrasi Dinas Kesehatan Kota Semarang
Cuci tangan sebagai satu di antara langkah pencegahan Covid-19 yang telah mewabah ke beberapa negara, termasuk Indonesia. 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Ramai Covid-19 hingga ke Indonesia bahkan ke Jawa Tengah telah disikapi serius oleh pemerintah.

Beragam himbauan pencegahan supaya tak terpapar telah ramai digalangkan, satu di antaranya dengan memberikan edukasi seperti menyegerakan berobat ke dokter jika badan merasa tak enak, cuci tangan, dan memakai masker.

"Harus sering cuci tangan menggunakan sabun, kalau panas langsung berobat, kalau lagi batuk, pilek jangan lupa pakai masker," tutur Ganjar Pranowo mengutip dari Kompas.com, Senin (16/3/2020).

Edukasi yang diberikan Gubernur Jawa Tengah tersebut, sebagai wujud bagaimana pentingnya mencegah dari pada mengobati.

Satu di antara langkah pencegahan Covid-19 ramai diedukasikan pemerintah, dan dipaparkan Ganjar Pranowo yakni seringnya melakukan cuci tangan.

Kapan melakukan cuci tangan?

Menurut Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang melalui unggahan di instagram resminya @dkksemarang, cuci tangan dilakukan setelah beraktivitas, sebelum menyusui, saat merawat orang sakit, setelah batuk atau bersin, sebelum dan sesudah makan, maupun menyiapkan makanan, dan setelah dari kamar mandi.

Berikut Tribunjatengwiki.com berikan 6 langkah melakukan cuci tangan menggunakan sabun, yang bersumber dari Dinkes Kota Semarang.

  1. Basahi kedua tangan menggunakan air, ratakan sabun dengan cara menggosokkan pada kedua telapak tangan.
  2. Lakukan di kedua tangan dengan menggosok punggung tangan dan sela-sela jari.
  3. Lanjutkan dengan menggosok kedua telapak tangan dan sela-sela jari.
  4. Gosok punggung jari kedua tangan dengan posisi tangan saling mengunci.
  5. Gosok ibu jari kiri dengan diputar dalam genggaman tangan kanan, lakukan pula pada tangan satunya.
  6. Usapkan ujung jari tangan kanan dengan diputar melalui telapak tangan kiri, lakukan pula pada tangan satunya, dan diakhiri dengan membilas menggunakan air.

(TRIBUNJATENGWIKI.COM/Muhammad Khoiru Anas)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved