Wabah Corona

Cegah Virus Corona, Banyak Orang Buka Pintu Gunakan Siku atau Bahu Tangan, Ini Alasannya

Di tengah persebaran virus corona yang semakin masif, banyak orang membuka pintu dengan siku atau bahu tangan.

Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas
Menghindari persebaran virus corona, nampak pengunjung yang keluar dari Alfamart mendorong pintu menggunakan bahu, Minggu (29/3/2020). 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Di tengah persebaran virus corona yang semakin masif, banyak orang membuka pintu dengan siku atau bahu tangan.

Hal itu sebagai langkah pencegahan penularan virus corona pada suatu benda yang sering di jamaah atau disentuh banyak orang.

"Buka pintu dengan bahu atau siku, itu sebagai langkah efektif menghindari persebaran corona pada benda yang sering disentuh," ujar Rahma perempuan asal Temanggung saat berbelanja di Alfamart dekat dengan Taman Sampangan, Semarang, Minggu, (29/3/2020) sore.

Rahma beralasan buka pintu menggunakan siku atau bahu sebagai langkah antisipasi karena persebaran virus corona dapat dengan mudah menyebar di tempat umum, seperti pegangan pintu.

"Virus sendiri kan tidak nampak, lebih efektifnya ketika diharuskan keluar, seperti contoh harus mengambil uang di ATM lebih amannya buka pintu dengan bahu atau siku," imbuhnya kembali.

Imbauan membuka pintu dengan siku atau dengan bahu tangan di salah satu Alfamart di Semarang, lebih tepatnya di area depan Taman Sampangan, Minggu (29/3/2020).
Imbauan membuka pintu dengan siku atau dengan bahu tangan di salah satu Alfamart di Semarang, lebih tepatnya di area depan Taman Sampangan, Minggu (29/3/2020). (Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas)

Nunik perempuan asal Wonosobo menuturkan, langkah efektif selain membuka pintu dengan siku atau bahu demi menjaga diri dari persebaran virus corona yakni dapat mendorong pintu dengan salah satu kaki atau dengan menggunakan bahu.

"Tak hanya menggunakan siku atau bahu, di tengah persebaran virus corona langkah efektif ketika membuka pintu yakni mendorong pintu dengan salah satu kaki atau dengan punggung," tutur perempuan yang kini sedang menempuh kuliah di STIKES Telogorejo Semarang.

Dari kesekian buka pintu dengan beragam cara di tengah persebaran virus corona, selalu cuci tangan, memakai masker ketika diharuskan keluar, rajin berolahraga merupakan anjuran yang harus dilakukan.

"Yang paling penting rajin cuci tangan, memakai masker ketika pergi, rajin berolahraga adalah langkah rajin mencegah virus corona," pungkas Nunik.

(TRIBUNJATENGWIKI.COM/Muhammad Khoiru Anas)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved