Rumah Sakit di Semarang

RSUP Dr Kariadi Semarang

Satu di antara rumah sakit kelas A di Semarang dan jadi rujukan setiap daerah di Jawa tengah, ialah Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi.

@rskariadi
Berlokasi di Jalan Dr Sutomo Nomor 16, Randusari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, RSUP dr Kariadi jadi rumah sakit rujukan utama di Jawa Tengah. 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Satu di antara rumah sakit kelas A di Semarang dan jadi rujukan setiap daerah di Jawa tengah, ialah Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr Kariadi.

Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Menkes Nomor 1243/Menkes/SK/VIII/2005, menyatakan jika RSUP dr Kariadi telah menjadi Badan Layanan Umum (BLU) dengan menerapkan fleksibilitas sesuai PP Nomor 23 Tahun 2005.

RSUP dr Kariadi memiliki luas lahan sekira 193.410 meter persegi, dengan luas bangunan mencapai 82.754 meter persegi.

Sejarah Singkat

Dilansir dari website resminya, RSUP dr Kariadi berdiri tahun 1925 lebih tepatnya tanggal 9 September di zaman penjajahan Belanda.

Pembangunan RSUP dr Kariadi dimulai sekira tahun 1920 yang digagas oleh dr NF Liem, dengan perencana Ooiman Van Leeuwen dan Opzichter.

Gagasan tersebut yakni penggabungan Rumah Sakit Kota atau lebih dekenal Stadverband Ziekenhuis dulu berada di Tawang, dengan Rumah Sakit Kota Pembantu atau Hulp Stadverband Ziekenhuis yang dulunya bertempat di samping alun-alun Semarang.

Lima tahun berselang gabungan rumah sakit itu terwujud tepat di tahun 1925, bernama Centrale Buzgerlijke Ziekewsichting (CBZ).

Tak hanya menggagas, Liem juga menjadi direktur pertama yang memimpin CBZ.

Atas jasanya nama dr NF Liem beserta istrinya Liembergsma, namanya dijadikan sebagai identitas jalan di kompleks perumahan tenaga perawatan.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Anasmk
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved