Rumah Sakit di Semarang

Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum

Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum (RSPWC) merupakan satu di antara rumah sakit umum di Semarang, memiliki kelas madya atau C.

IST
Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum, berlokasi di Jalan Citarum Nomor 98, Mlatiharjo, Kecamatan Semarang Timur, Kota Semarang. 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Rumah Sakit Panti Wilasa Citarum (RSPWC) merupakan satu di antara rumah sakit umum di Semarang, memiliki kelas madya atau C.

RSPWC masih satu rumpun dengan Rumah Sakit Panti Wilasa Dr Cipto, yakni sama-sama berdiri di bawah naungan Yayasan Kristen Untuk Kesehatan Umum (Yakkum).

Sebelum menjadi Rumah Sakit Umum (RSU), dulu ialah Rumah Sakit (RS) Bersalin Panti Wilasa.

RSPWC memiliki luas tanah sekira 22.528 meter persegi, dengan luas bangunan mencapai 10.557 meter persegi.

Sejarah Singkat

Bermula dari tidak memadainya rencana pengembangan gedung di RS Panti Wilasa Dr Cipto, membuat Yakkum selaku pengelola mendirikan RSPWC di tahun 1969.

Kelurahan Mlatiharjo dipilih sebagai lokasi berdirinya RSPWC, tepatnya di Jalan Citarum Nomor 98 Mlatiharjo, Semarang Timur.

Dokter A Hoogerwerf dipilih sebagai ketua pembangunan proyek, dan Ko Kian Giem atau akrab disapa Djoni Mandali sebagai pelaksana.

RSPWC dapat diselesaikan tepat pada 25 April 1973, dengan beberapa fasilitas pelayanan meliputi, pemeriksaan ibu hamil, tindakan persalinan dan perawatan paska persalinan, keluarga berencana, pemeriksaan anak dan merawat anak-anak sakit, serta imunisasi.

Tanggal 22 Mei 1980 RS Bersalin Panti Wilasa melakukan perubahan status menjadi RSU Panti Wilasa I.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved