Bangunan Bersejarah di Semarang

Bukan Simpang Lima ataupun Tugu Muda, Inilah Letak Nol Kilometer Semarang

Nol Kilometer Semarang yang dulu di area tersebut pernah dijadikan sebagai tempat pemerintahan Gubernur Jawa Tengah.

Penulis: Anasmk
Editor: Ahmad Nur Rosikin
Tribunjatengwiki.com/Muhammad Khoiru Anas
Tugu Nol Kilometer Semarang yang lokasinya berada di sebelah selatan Jembatan Berok, Kota Lama, atau lebih tepatnya berada di depan Gedung Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Provinsi Jawa Tengah, Kamis (25/6/2020). 

TRIBUNJATENGWIKI.COM, SEMARANG - Bagi Anda yang berkunjung ke Kota Lumpia, pasti mengira nol kilometernya Semarang berada di Kawasan Simpang Lima maupun Tugu Muda.

Jika ditelusuri lebih dalam, nol kilometernya Semarang ternyata bukan berada di dua tempat itu atau berada di tengah kota.

Melainkan letaknya di sebuah taman berukuran kecil sebelah selatan Jembatan Berok, dekat Kota Lama.

Lebih tepatnya berada di ujung Jalan Pemuda, depan Gedung Keuangan Semarang I, atau depan Gedung Badan Pengelola Pendapatan Daerah (BPPD) Provinsi Jawa Tengah.

Menurut penuturan warga sekitar, dulu di area nol kilometer Semarang merupakan pusat Pemerintahan Kota Semarang dan Provinsi Jawa Tengah.

"Dulu area sini jadi pusat Pemerintahan.

Karena Gedung Keuangan Semarang I sebelumnya itu kantor gubernuran," tutur Suyadi juru parkir di kawasan area nol kilometer Semarang, Kamis (25/6/2020).

Hampir sama seperti daerah-daerah lain, memang nol kilometer salah satu fungsinya sebagai titik tengah penanda penomoran jalan.

Hal ini dapat dibuktikan dengan gedung-gedung yang berada di sekitar nol kilometer Semarang, memiliki nomor jalan berukuran kecil.

Tak hanya itu saja penanda dari nol kilometer Semarang bukan sebuah patung berukuran besar, melainkan sebuah tugu yang berukuran sekira satu meter.

"Penanda titik nol kilometernya Semarang ya tugu di taman depan Gedung Keuangan itu," tambah Suyadi.

Tugu nol kilometer Semarang memiliki warna hitam, dengan di atasnya terdapat cungkup atap seperti bangunan Jawa.

Selain itu di tengah-tengah, terdapat logo Provinsi Jawa Tengah dengan tepat di bawahnya bertuliskan ' Semarang Nol Kilometer.'

Meskipun tak menjadi lokasi utama dijadikan pusat pemerintahan provinsi maupun kota, Suyadi menambahkan dimungkinkan karena area nol kilometer Semarang dulu sering jadi langganan banjir.

"Area sini dulu sering banget banjir, ditambah air rob yang kadang kerab menggenangi.

Makanya, mungkin pemerintah tak lagi memfokuskan pemerintahannya di area sini," tandasnya.

(TRIBUNJATENGWIKI.COM/Muhammad Khoiru Anas)

Ikuti kami di
KOMENTAR
222 articles 182 0

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.


Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved